Cara Mengendalikan Komputer Dari Jarak Jauh

 

Pernahkah kau berharap sanggup mengakses beberapa file komputer di kawasan kerja, saat kau sedang duduk dirumah? Ketika itu juga kau memerlukan file dokumen yang ada di dalam komputer kantor tersebut?
Pernahkah kau berharap sanggup mengakses beberapa file komputer di kawasan kerja Mengendalikan Komputer dari Jarak Jauh
Kamu sanggup menciptakan sebuah konfigurasi sederhana untuk mengaksesnya tanpa perlu pergi kekantor untuk mengambil filenya, alasannya ialah mungkin jarak yang jauh atau alasan yang lain. Ada banyak sekali cara untuk melaksanakan hal ini, termasuk built-in tools. Dibawah ini akan kami jelaskan Mengendalikan Komputer dari Jarak Jauh, simak baik-baik :
Menggunakan Windows Remote Desktop (PC)
Aktifkan Remote Desktop pada komputer yang ingin diakses. Lalu pada komputer lain yang ingin kau akses, maka harus mengaktifkan Remote Access juga sehingga komputer lain sanggup terhubung. Anda sanggup mengaktifkan fungsi ini pada versi Pro atau Enterprise dari windows XP, Vista, 7, 8, dan 10. Metode ini mengharuskan kita berada di jaringan yang sama dengan komputer yang ingin diakses, baik melalui router atau melalui VPN.
  • Tekan tombol Windows + Pause untuk membuka hidangan System. Sebuah metode alternatif yaitu dengan mengklik hidangan Start, membuka Control Panel, klik System and Security, kemudian klik System. Klik link “Remote Settings” di sisi kiri windows.
  • Periksa kotak “Allow remote connections to this computer”. kau sanggup menyesuaikan beberapa opsi lanjutan, ibarat lamanya waktu dengan mengklik tombol “Advanced”.
  • Tambahkan pengguna. kau perlu mengatur mana pengguna yang sanggup login jarak jauh. Klik tombol “Select User”, kemudian klik tombol Add. kemudian Memilih pengguna yang ingin ditmbahkan.
  • Cari nama system. Bila kita terhubung ke komputer, maka perlu mengetahui nama sistem. kau sanggup menemukannya dengan menekan tombol Windows + Pause dan mencari “Computer name”.
  • Menonaktifkan mode Sleep. kau tidak akan sanggup terhubung ke komputer yang sedang dalam metode sleep atau di Hibernate. Pastikan untuk menonaktifkan ini jikalau ingin menghubungkannya dari jarak jauh.
– Buka Control Panel dan kemudian pilih Power Options.
– Klik tautan “Change plan settings” di samping active plan.
– Set Sleep dan Hibernate ke Never. Klik “Simpan perubahan”.
Terhubung ke komputer
  • Log on ke komputer yang ingin kau gunakan untuk menghubungkan ke komputer remote.
  • Klik hidangan Start dan masukkan “koneksi remote desktop” ke dalam kotak pencarian.
  • Klik untuk membukanya.
  • Masukkan dalam nama sistem komputer yang Anda ingin dihubungkan.
  • Masukkan nama pengguna.
  • Klik “Show options” untuk membuka opsi lanjutan untuk koneksi. Kamu sanggup memakai opsi ini untuk men-tweak koneksi untuk menawarkan kinerja terbaik, serta mengkonfigurasi bunyi dan layar.
  • Klik Connect untuk mulai menghubungkan ke komputer. Ketika sambungan dibuat, layar komputer lain akan muncul di jendela di komputer kita. Kamu sanggup menavigasi Windows ibarat biasa.
Open port 3389 untuk memungkinkan koneksi melalui internet
Jika ingin terhubung ke komputer remote secara pribadi melalui internet, tanpa harus memakai VPN, kau akan perlu membuka port 3389 pada firewall komputer. Ini akan mengekspos Remote Desktop ke internet, yang berarti berpotensi siapa pun sanggup mengaksesnya. Untuk alasan ini, sangat disarankan untuk mempunyai password yang sangat kuat.
Untuk mengetahui bagaimana membuka port pada router, simak panduan ini.
Setelah membuka port 3389, nanti akan sanggup terhubung ke komputer dengan memasukkan alamat IP (eksternal) publik. Untuk menemukan alamat IP publik, periksa panduan ini. Ingat, kita akan memerlukan alamat IP komputer biar sanggup terhubung.
Terhubung ke remote desktop dengan android/smartphone
Jika kau menjalankan Windows 8 atau 8.1 Professional, maka kau sanggup terhubung ke remote desktop melalui aplikasi resmi Microsoft di iOS dan Android. kau harus mempunyai Remote Desktop yang sudah dikonfigurasikan pada komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *